IT'S ABOUT KNOWLEDGE

Selamat Mengcopas, Jangan lupa sertakan sumber gan :v agar kita semua bahagia

Rabu, 09 Oktober 2019

Laporan Hasil Analisis Pengujian Instrumen Tes Kognitif


Tugas Individu
Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika

LAPORAN HASIL ANALISIS PENGUJIAN INSTRUMEN TES



 

AFIFAH RAHMAN
H04 17 014
Kelas B



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2019
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES
1.        Mengembangkan spesifikasi tes
Spesifikasi tes merupakan suatu uraian yang menunjukkan keseluruhan kualitas tes dan ciri-ciri yang harus dimiliki oleh tes yang akan dikembangkan. Pengembangan spesifikasi merupakan langkah awal yang menentukan dalam pengembangan perangkat tes, karena apa yang menentukan pada langkah-langkah berikutnya sudah dirancangkan dalam spesifikasi tes. Dalam mengembangkan spesifikasi tes kognitif, terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:
a.    Subjek
Satuan Pendidikan      :           SMA NEGERI 1 ALU
Kelas/Semester            :           XI Mia 2/ Genap
b.    Tujuan
Tujuannya adalah untuk menguji validasi soal, rehabilitas soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
c.    Tipe soal
Tipe soal yang di buat dan di uji adalah tes obyektif (pilihan ganda).
d.   Materi
Fluida Statik
e.    Jumlah soal
20 butir soal
f.     Kisi-kisi Tes
1)   Kisi-kisi Derajat Prioritas
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang Diukur Kognitif
Total Item
C1
 C2
 C3
C4
3.7
1
1.1
3
0
0
0
2
2.1
3
0
0
0
2.2
1
3
0
0
3
3.1
1
3
0
0
3.2
1
2
3
0
4
4.1
1
2
3
0
4.2
0
0
1
3

Total
10
10
7
3
30
Keterangan:
KD  = Kompetensi Dasar
Angka pada kolom aspek pikir:
                    3 = sangat penting
                    2 = penting
                    1 = kurang penting
                    0 = tidak penting
Perbandingan aspek pikir
Mengingat     : Memahami  : Mengaplikasikan       : Menganalisis
                      (C1)                (C2)                     (C3)                       (C4)
            =          10        :          10          :             7                   :          3
Bobot masig-masing aspek pikir adalah
-          Aspek mengingat             = (10/30) x 100% = 33%
-          Aspek memahami             = (10/30) x 100% = 33%
-          Aspek mengaplikasikan    = (7/30) x 100% = 24%
-          Aspek Menganalisis         = (3/30) x 100% = 10%
 100%
2)   Membuat kisi-kisi derajat prioritas untuk memperoleh jumlah soal setiap aspek pikir dan KI-KD
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang DiukurKognitif
Total Item
C1
(33%)
 C2
(33%)
 C3
(24%)
C4
(10%)
3.7
1
1.1 (5%)
1
0
0
0
1
2
2.1 (5%)
1
0
0
0
1
2.2 (15%)
1
2
0
0
3
3
3.1 (20%)
1
3
0
0
4
3.2 (15%)
1
1
1
0
3
4
4.1/ (25%)
2
1
2
0
5

4.2 (15%)
0
0
1
2
3
Total
7
7
4
2
20

3)      Membuat kisi-kisi rekapitulasi soal
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang Diukur Kognitif
Total Item
C1
(33%)
 C2
(33%)
 C3
(24%)
C4
(10%)
3.7
1
1.1 (5%)
1
...
...
...
1
2
2.1 (5%)
2
...
...
...
1
2.2 (15%)
3
4,5
...
...
3
3
3.1 (20%)
6
7,8,9
...
...
4
3.2 (15%)
10
11
12
...
3
4
4.1/ (25%)
13,14
15
16,17
...
5
4.2 (15%)
...
...
18
19,20
3
Total
7
7
4
2
20

2.      Rumusan soal
v  Kompetensi Dasar:
3.7 Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
v  Indikator:
1.    Menjelaskan hukum gravitasi universal
2.    Menjelaskan percepatan gravitasi.
3.    Mengidentiikasi pengertian medan gravitasi.
4.    Menjelaskan hukum-hukum kepler.

v  Tujuan pembelajaran:
1.      Menjelaskan jika dua benda berdekatan akan saling tarik-menarik.
2.      Memprediksikan besar gaya tarik bumi pada suatu benda.
3.      Menunjukkan bahwa percepatan gravitasi yang memengaruhi benda disuatu tempat tertentu adalah sama.
4.      Menjelaskan medan gravitasi di suatu titik tertentu.
5.      Menentukan besar medan gravitasi di suatu tempat tertentu.
6.      Menjelaskan hukum kepler dengan hukum newton tentang gravitasi.

3.        Merakit Soal
a.     Soal yang dianggap baik dapat diterima
-          Nomor soal : 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20.
b.    Soal yang kurang baik, tetapi dapat direvisi
-          Nomor soal : 6, 9, 10
c.     Soal yang tidak baik ditolak
-          Tidak ada

4.        Analisa Butir Tes
a.    Validitas Instrumen
-       Valid Sangat Tinggi           : -
-       Valid Tinggi                       : -
-       Valid Sedang                      : -
-       Valid Rendah                     : 17, 20
-       Valid Sangat Rendah         : 3, 4, 5, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 14, 15, 18
-       Tidak Valid                                    : 1, 2, 6, 13, 16, 19
-       Tidak Terdefenisi               : -
b.    Realibilitas Instrumen
-          Sangat Tinggi
c.    Tingkat Kesukaran Soal
-       Soal Sukar              : 18, 19, 20
-       Soal Sedang            : 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16
-       Soal Mudah                        : 4, 17
d.   Daya Pembeda
-       Sangat Baik                        : 2, 5, 7, 10, 17,
-       Baik                        : -
-       Cukup                     : -
-       Tidak Baik              : 1, 3, 4, 6, 8, 9, 11,12, 13, 14, 15, 16, 18, 19, 20

5.        Seleksi Dan Perakitan Soal
Berdasarkan hasil analisis butir soal, tidak ada satupun nomor soal yang memenuhi 4 kriteria yang telah ditentukan (kriteria validitas minimal sedang, realibilitas minimal sedang, tingkat kesukaran soal sedang, dan daya pembedanya minimal cukup).  Untuk validitas instrument tidak ada satupun soal yang masuk dalam kategori valid sedang, dan dengan reabilitas yang sangat tinggi. Pada tingkat kesukaran soal, soal-soal yang berada dalam kategori soal sedang adalah 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, namun pada daya pembeda juga tidak ada satupun soal yang masuk dalam kategori cukup, Jadi soal tersebut tidak dapat digunakan untuk pengambilan data di lapangan sebenarnya karena tidak ada soal yang memenuhi 4 kriteria yang dimaksud meskipun dengan reabilitas yang sangat tingi

6.        Kesimpulan
Setelah melakukan analisis terhadap kualitas instrumen tes bentuk  tes objektif mata pelajaran Fisika semester ganjil di SMA Negeri 1 ALU dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil tes tentang analisis instrumen adalah memiliki  kualitas nilai “Sangat Tinggi”. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan , terutama ditinjau oleh segi – segi berikut.
Pertama ditinjau dari segi validitas itemnya ( 100% ) soal sesuai dengan isi kurikulum, dari 20 butir soal tes bentuk pilihan ganda yang diselenggarakan di SMAN 1 ALU, soal sebanyak 14 butir soal yang dinyatakan valid, dan 6  butir soal yang dinyatakan tidak valid. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data  tersebut mempunyai validitas “sangat tinggi”.
Kedua dilihat dari segi tingkat kesukaran item, diperoleh informasi bahwa pada tes tersebut terdapat 15% butir soal dalam kategori soal sukar, 75% butir soal sedang dan 10% yang termasuk dalam kategori mudah. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dinyatakan, bahwa tes tersebut mempunyai tingkat kesukaran yang “Sedang”. Dan dilhat dari segi daya pembeda item tes, berdasarkan hasil analisa terhadap daya  pembeda item tes dapat diperoleh informasi bahwa dalam tes tersebut terdapat 75% butir soal memiliki daya pembeda tidak baik, dan 25% memiliki daya pembeda sangat baik. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa daya pembeda tes tersebut mempunyai daya pembeda yang “Tidak baik.














LAMPIRAN SOAL
1. Fluida statis adalah zat alir yang berada dalam kondisi ...
a.      bergerak. memiliki kecepatan yang konstan terhadap waktu
b.      diam dan tidak bergerak
c.       diam dan memiliki kecepatan yang konstan
d.      tidak mengalami perubahan volume, tidak turbulen
e.       mengalami perubahan volume, dan mengalami turbelen
2. Sebuah benda dapat melayang di dalam air dikarenakan.....
a.       massa jenis benda sama dengan massa jenis fluida
b.      massa jenis benda lebih besar dari pada massa jenis fluida
c.       massa jenis benda lebih kecil dari pada massa jenis fluida
d.      massa jenis benda dua kali massa jenis fluida
e.       massa jenis benda setengah  massa jenis fluida
3. “Apabila suatu benda dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida, maka benda tersebut mendapatkan gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan atau di desak oleh benda tersebut”
Pernyataan diatas merupakan bunyi hukum ...
a.       Hukum Archimedes
b.      Hukum Kekekalan Energi
c.       Hukum Pascal
d.      Hukum Hidrostatis
e.       Pengertian Fluida Statis
4. Seorang anak menimbang sebuah batu dengan menggunakan neraca pegas. Ketika ditimbang batu memiliki gaya sebesar 8 N, namum ketika dimasukkan ke dalam tabung berisi air dan ditimbang gaya batu menjadi 7 N, Peristiwa diatas disebabkan oleh.....
a.       massa batu berkurang
b.      massa jenis batu berkurang
c.       ada gaya ke atas pada batu oleh air
d.      gaya gravitasi terhadap batu berkurang
e.       massa jenis batu bertambah tetapi massa batu berkurang

5. Dibawah ini yang termasuk alat yang menggunakan prinsip hukum archimedes adalah
a.       Hidrometer
b.      Balon Udara
c.       Termometer
d.      a dan b benar
e.       tidak ada pilihan yang benar

6. kapal selam merupakan salah satu contoh penerapan… .
a.       Hukum Pascal
b.      Hukum Boyle
c.       Hukum Archimedes
d.      Hukum Newton
e.       Hukum Kekekalan Energi
.
7. Perhatikan peristiwa berikut!
1)      Agar kapal laut tidak tenggelam badan kapal harus dibuat berongga
2)      Balon udara dapat melayang karena berisi gas yang memiliki massa jenis labih kecil dari massa jenis udara. 
3)      Saat seseorang mengerem kendaraan bermotor atau mobil, maka tubuh akan terdorong ke depan.
4)      Mobil Truk yg membawa Massa (Benda) Sedikit maka bisa mendapatkan percepatan yg lebih besar, daripada Mobil Truck yg membawa Muatan sangat banyak.
Dari peristiwa diatas manakah yang termasuk dalam contoh hukum archimedes?
a.       1 dan 3
b.       1 dan 4
c.       2 dan 4
d.       1 dan 2
e.       1, 2, 3 dan 4
8. Apabila suatu benda tenggelam di dalam air, berarti… .
a.      benda tersebut berat
b.     benda tersebut ringan
c.      massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air
d.     massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis air
e.      massa jenis benda sama dengan massa jenis air

9 apabila suatu benda melayang di dalam air, berarti… .
a.       benda tersebut berat
b.      benda tersebut ringan
c.       massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air
d.       massa jenis benda sama denan massa jenis air
e.       massa jenis benda sama dengan massa jenis air
10. Jembatan ponton adalah kumpulan drum-drum kosong yang berjajar sehingga menyerupai jembatan. Jembatan ponton merupakan jembatan yang dibuat berdasarkan prinsip benda
a.       terapung
b.      melayang
c.       tenggelam
d.      terbang
e.       a, b, c dan d benar
11. Ketika kita mengangkat teman kita di dalam kolam renang akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika mengangkatnya di luar air. Hal ini disebabkan oleh… .
a.        ketika di dalam kolam berat badan seseorang menjadi lebih kecil sehingga mempermudah mengangkat beban yang berat
b.        ketika di dalam kolam renang tekanan yang diberikan kecil sehingga mempermudah mengangkat beban yang berat
c.        di dalam kolam terdapat bantuan dari gaya apung air sehingga mempermudah mengangkat beban yang berat
d.        di dalam kolam renang terdapat tekanan hidrostatis yang membantu mengangkat beban yang berat
e.        di dalam kolam renang terdapat tekanan  yang membantu mengangkat beban yang berat


12. Perhatikan gambar di bawah ini!



                 
                        A                          B
di bawah ini yang merupakan pernyataan yang benar dari gambar di atas adalah… .
a.        massa jenis air di a lebih berat dibanding massa jenis telurnya
b.        massa jenis air di b lebih berat dibanding massa jenis telurnya
c.        massa jenis air di a lebih kecil dibanding massa jenis telurnya
d.        massa jenis air di b lebih berat dibanding massa jenis telurnya
e.        massa jenis air di b sama dengan massa jenis telur

13. Tekanan Hidrostatis adalah
a.       gaya yang diberikan pada luasan tertentu
b.      gaya yang menyebabkan perpindahan posisi benda
c.       gaya yang diberikan oleh air ke semua arah pada titik ukur manapun akibat adanya gaya gravitasi
d.      gaya yang diberikan pada ketinggian tertent
e.       tekanan yang diberikan oleh air ke semua arah pada titik ukur manapun akibat adanya gaya gravitasi

14. Dibawah ini yang termasuk faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis adalah...
a.       luas permukaan
b.      gaya
c.       kedalaman
d.      volume
e.       Panjang

15. Tekanan Hidrostatis akan semakin besar apabila
a.       gayanya semakin besar
b.      luas permukaannya semakin kecil
c.       kedalamannya semakin besar
d.      massa jenisnya semakin kecil
e.       massa jenisnya semakin besar

16. Sebuah bejana berisi alkohol dengan volume 1 liter dan massa jenisnya 0,8 gr/cm³. Jika luas alas bejana 50 cm² dan percepatan gravitasi 9,8 m/s². Berapakah besar tekanan hidrostatik pada dasar bejana. . . . . . . .
a.       0,3 m
b.      0,5 m
c.       0,2 m
d.      0,4 m
e.       0,1 m
17
18
19. Air dan minyak dimasukkan ke dalam bejana berhubungan dari lubang berbeda. Setelah mencapai kesetimbangan, didapat gambar disamping. Bila massa jenis air 1 gr/cm3 dan massa jenis minyak 0,8  gr/cm3, selisih tinggi permukaan air dan minyak pada bejana adalah ...
a.       1 cm
b.      2 cm
c.       3 cm
d.       4 cm
e.       5 cm
20. Piston besar pada pengangkat hidrolik mempunyai penampang berbentuk lingkaran yang jari-jarinya 20 cm. Berapakah besar gaya yang harus diberikan pada piston kecil yang jari-jarinya 2 cm agar dapat mengangkat mobil yang masanya 1500 kg? (g = 9,8m/s2). . . . . .
a.      147 N
b.      140 N
c.       132 N
d.      150 N
e.       145 N
A.   


Kunci Jawban
1.
B
2.
A
3.
A
4.
C
5.
D
6.
C
7.
D
8.
C
9.
D
10.
A
11.
C
12.
C
13.
E
14.
A
15.
C
16.
C
17.
B
18.
B
19.
A
20.
A


1 komentar: