Tugas Individu
Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika
LAPORAN HASIL ANALISIS PENGUJIAN INSTRUMEN
TES
AFIFAH RAHMAN
H04 17 014
Kelas B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2019
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES
1.
Mengembangkan spesifikasi tes
Spesifikasi tes
merupakan suatu uraian yang menunjukkan keseluruhan kualitas tes dan ciri-ciri
yang harus dimiliki oleh tes yang akan dikembangkan. Pengembangan spesifikasi
merupakan langkah awal yang menentukan dalam pengembangan perangkat tes, karena
apa yang menentukan pada langkah-langkah berikutnya sudah dirancangkan dalam
spesifikasi tes. Dalam mengembangkan spesifikasi tes kognitif, terdapat
beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:
a.
Subjek
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1
ALU
Kelas/Semester : XI Mia 2/
Genap
b.
Tujuan
Tujuannya adalah untuk menguji validasi soal, rehabilitas
soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
c.
Tipe soal
Tipe soal yang di
buat dan di uji adalah tes obyektif (pilihan ganda).
d.
Materi
Fluida Statik
e.
Jumlah soal
20 butir soal
f.
Kisi-kisi Tes
1)
Kisi-kisi Derajat Prioritas
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang Diukur Kognitif
|
Total Item
|
|||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
||||
3.7
|
1
|
1.1
|
3
|
0
|
0
|
0
|
|
2
|
2.1
|
3
|
0
|
0
|
0
|
||
2.2
|
1
|
3
|
0
|
0
|
|||
3
|
3.1
|
1
|
3
|
0
|
0
|
||
3.2
|
1
|
2
|
3
|
0
|
|||
4
|
4.1
|
1
|
2
|
3
|
0
|
||
4.2
|
0
|
0
|
1
|
3
|
|||
Total
|
10
|
10
|
7
|
3
|
30
|
Keterangan:
KD = Kompetensi
Dasar
Angka pada kolom aspek pikir:
3
= sangat penting
2
= penting
1
= kurang penting
0
= tidak penting
Perbandingan aspek pikir
Mengingat : Memahami :
Mengaplikasikan : Menganalisis
(C1) (C2) (C3) (C4)
= 10 : 10 : 7 : 3
Bobot masig-masing aspek pikir adalah
-
Aspek mengingat =
(10/30) x 100% = 33%
-
Aspek memahami =
(10/30) x 100% = 33%
-
Aspek mengaplikasikan = (7/30) x 100% = 24%
-
Aspek Menganalisis = (3/30) x 100% = 10%
100%
2)
Membuat kisi-kisi derajat prioritas untuk memperoleh
jumlah soal setiap aspek pikir dan KI-KD
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang DiukurKognitif
|
Total Item
|
|||
C1
(33%)
|
C2
(33%)
|
C3
(24%)
|
C4
(10%)
|
||||
3.7
|
1
|
1.1 (5%)
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
2.1 (5%)
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
|
2.2 (15%)
|
1
|
2
|
0
|
0
|
3
|
||
3
|
3.1 (20%)
|
1
|
3
|
0
|
0
|
4
|
|
3.2 (15%)
|
1
|
1
|
1
|
0
|
3
|
||
4
|
4.1/ (25%)
|
2
|
1
|
2
|
0
|
5
|
|
4.2 (15%)
|
0
|
0
|
1
|
2
|
3
|
||
Total
|
7
|
7
|
4
|
2
|
20
|
3)
Membuat kisi-kisi rekapitulasi soal
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang Diukur Kognitif
|
Total Item
|
|||
C1
(33%)
|
C2
(33%)
|
C3
(24%)
|
C4
(10%)
|
||||
3.7
|
1
|
1.1 (5%)
|
1
|
...
|
...
|
...
|
1
|
2
|
2.1 (5%)
|
2
|
...
|
...
|
...
|
1
|
|
2.2 (15%)
|
3
|
4,5
|
...
|
...
|
3
|
||
3
|
3.1 (20%)
|
6
|
7,8,9
|
...
|
...
|
4
|
|
3.2 (15%)
|
10
|
11
|
12
|
...
|
3
|
||
4
|
4.1/ (25%)
|
13,14
|
15
|
16,17
|
...
|
5
|
|
4.2 (15%)
|
...
|
...
|
18
|
19,20
|
3
|
||
Total
|
7
|
7
|
4
|
2
|
20
|
2.
Rumusan soal
v Kompetensi
Dasar:
3.7 Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan
sehari-hari
v Indikator:
1.
Menjelaskan
hukum gravitasi universal
2.
Menjelaskan
percepatan gravitasi.
3.
Mengidentiikasi
pengertian medan gravitasi.
4.
Menjelaskan
hukum-hukum kepler.
v Tujuan
pembelajaran:
1.
Menjelaskan jika dua benda berdekatan akan
saling tarik-menarik.
2.
Memprediksikan besar gaya tarik bumi pada suatu
benda.
3.
Menunjukkan bahwa percepatan gravitasi yang
memengaruhi benda disuatu tempat tertentu adalah sama.
4.
Menjelaskan medan gravitasi di suatu titik
tertentu.
5.
Menentukan besar medan gravitasi di suatu tempat
tertentu.
6.
Menjelaskan hukum kepler dengan hukum newton
tentang gravitasi.
3.
Merakit Soal
a.
Soal yang dianggap baik dapat diterima
-
Nomor soal : 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 11, 12, 13,
14, 15, 16, 17, 18, 19, 20.
b.
Soal yang kurang baik, tetapi dapat direvisi
-
Nomor soal : 6, 9, 10
c.
Soal yang tidak baik ditolak
-
Tidak ada
4.
Analisa Butir Tes
a.
Validitas Instrumen
- Valid
Sangat Tinggi : -
- Valid
Tinggi : -
- Valid
Sedang : -
- Valid
Rendah : 17, 20
- Valid
Sangat Rendah : 3, 4, 5, 7, 8, 9,
10, 11, 12, 14, 15, 18
- Tidak
Valid :
1, 2, 6, 13, 16, 19
- Tidak
Terdefenisi : -
b.
Realibilitas Instrumen
-
Sangat Tinggi
c.
Tingkat Kesukaran Soal
- Soal
Sukar : 18, 19, 20
- Soal
Sedang : 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8,
9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16
- Soal
Mudah : 4, 17
d.
Daya Pembeda
- Sangat
Baik : 2, 5, 7, 10, 17,
- Baik : -
- Cukup : -
- Tidak
Baik : 1, 3, 4, 6, 8, 9,
11,12, 13, 14, 15, 16, 18, 19, 20
5.
Seleksi Dan Perakitan Soal
Berdasarkan hasil
analisis butir soal, tidak ada satupun nomor soal yang memenuhi 4 kriteria yang
telah ditentukan (kriteria validitas minimal sedang, realibilitas minimal
sedang, tingkat kesukaran soal sedang, dan daya pembedanya minimal cukup). Untuk validitas instrument tidak ada satupun
soal yang masuk dalam kategori valid sedang, dan dengan reabilitas yang sangat
tinggi. Pada tingkat kesukaran soal, soal-soal yang berada dalam kategori soal
sedang adalah 1, 2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, namun
pada daya pembeda juga tidak ada satupun soal yang masuk dalam kategori cukup, Jadi soal tersebut tidak dapat digunakan
untuk pengambilan data di lapangan sebenarnya karena tidak ada soal yang
memenuhi 4 kriteria yang dimaksud meskipun dengan reabilitas yang sangat tingi
6.
Kesimpulan
Setelah melakukan
analisis terhadap kualitas instrumen tes bentuk
tes objektif mata pelajaran Fisika semester ganjil di SMA Negeri 1 ALU dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil tes tentang
analisis instrumen adalah memiliki
kualitas nilai “Sangat
Tinggi”. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan ,
terutama ditinjau oleh segi – segi berikut.
Pertama ditinjau dari segi validitas itemnya ( 100% ) soal sesuai dengan
isi kurikulum, dari 20 butir soal tes bentuk pilihan ganda yang diselenggarakan
di SMAN 1 ALU, soal sebanyak 14 butir soal yang dinyatakan valid, dan 6 butir soal
yang dinyatakan tidak valid. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data tersebut mempunyai validitas “sangat tinggi”.
Kedua dilihat dari segi tingkat kesukaran item, diperoleh informasi bahwa
pada tes tersebut terdapat 15% butir soal
dalam kategori soal sukar, 75% butir soal
sedang dan 10% yang termasuk
dalam kategori mudah. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dinyatakan,
bahwa tes tersebut mempunyai tingkat kesukaran yang “Sedang”. Dan dilhat dari segi daya pembeda item tes,
berdasarkan hasil analisa terhadap daya
pembeda item tes dapat diperoleh informasi bahwa dalam tes tersebut
terdapat 75% butir soal memiliki daya pembeda tidak baik, dan 25% memiliki daya
pembeda sangat baik. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa daya pembeda tes tersebut
mempunyai daya pembeda yang “Tidak baik”.
LAMPIRAN SOAL
1. Fluida statis adalah zat alir yang berada dalam kondisi ...
a. bergerak. memiliki kecepatan yang konstan terhadap
waktu
b. diam dan tidak bergerak
c. diam dan memiliki kecepatan yang konstan
d. tidak mengalami perubahan volume, tidak turbulen
e. mengalami perubahan volume, dan mengalami turbelen
2.
Sebuah benda dapat melayang di dalam air dikarenakan.....
a.
massa jenis benda sama dengan massa jenis fluida
b.
massa jenis benda lebih besar dari pada massa jenis
fluida
c.
massa jenis benda lebih kecil dari pada massa jenis
fluida
d.
massa jenis benda dua kali massa jenis fluida
e.
massa jenis benda setengah massa jenis fluida
3. “Apabila suatu benda
dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida, maka benda tersebut
mendapatkan gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida yang
dipindahkan atau di desak oleh benda tersebut”
Pernyataan diatas merupakan bunyi
hukum ...
a.
Hukum Archimedes
b.
Hukum Kekekalan Energi
c.
Hukum Pascal
d.
Hukum Hidrostatis
e.
Pengertian Fluida Statis
4. Seorang anak menimbang sebuah
batu dengan menggunakan neraca pegas. Ketika ditimbang batu memiliki gaya
sebesar 8 N, namum ketika dimasukkan ke dalam tabung berisi air dan ditimbang
gaya batu menjadi 7 N, Peristiwa diatas disebabkan oleh.....
a.
massa batu berkurang
b.
massa jenis batu berkurang
c.
ada gaya ke atas pada batu oleh air
d.
gaya gravitasi terhadap batu berkurang
e.
massa jenis batu bertambah tetapi massa batu berkurang
5. Dibawah ini yang termasuk alat
yang menggunakan prinsip hukum archimedes adalah
a.
Hidrometer
b.
Balon Udara
c.
Termometer
d.
a dan b benar
e.
tidak ada pilihan yang benar
6. kapal selam merupakan salah
satu contoh penerapan… .
a.
Hukum Pascal
b.
Hukum Boyle
c.
Hukum Archimedes
d.
Hukum Newton
e.
Hukum Kekekalan Energi
.
7. Perhatikan peristiwa berikut!
1)
Agar kapal laut tidak
tenggelam badan kapal harus dibuat berongga
2)
Balon udara dapat
melayang karena berisi gas yang memiliki massa jenis labih kecil dari massa
jenis udara.
3) Saat seseorang
mengerem kendaraan bermotor atau mobil, maka tubuh akan terdorong ke depan.
4) Mobil Truk yg
membawa Massa (Benda) Sedikit maka bisa mendapatkan percepatan yg lebih besar,
daripada Mobil Truck yg membawa Muatan sangat banyak.
Dari peristiwa diatas manakah yang
termasuk dalam contoh hukum archimedes?
a. 1 dan 3
b. 1 dan 4
c. 2 dan 4
d. 1 dan 2
e. 1, 2, 3 dan 4
8. Apabila suatu benda tenggelam di dalam air, berarti… .
a.
benda tersebut berat
b.
benda tersebut ringan
c.
massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air
d.
massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis air
e.
massa jenis benda sama dengan massa jenis air
9 apabila suatu benda melayang
di dalam air, berarti… .
a. benda tersebut berat
b. benda tersebut ringan
c. massa jenis benda
lebih besar daripada massa jenis air
d.
massa jenis benda sama denan massa jenis air
e.
massa jenis benda sama dengan massa jenis air
10. Jembatan
ponton adalah kumpulan drum-drum kosong yang berjajar sehingga menyerupai
jembatan. Jembatan ponton merupakan jembatan yang dibuat berdasarkan prinsip benda
a.
terapung
b.
melayang
c.
tenggelam
d.
terbang
e.
a, b,
c dan d benar
11. Ketika kita
mengangkat teman kita di dalam kolam renang akan terasa lebih ringan
dibandingkan ketika mengangkatnya di luar air.
Hal ini disebabkan oleh… .
a.
ketika di dalam kolam berat badan seseorang menjadi
lebih kecil sehingga mempermudah
mengangkat beban yang berat
b.
ketika di dalam kolam renang tekanan yang diberikan kecil sehingga mempermudah mengangkat
beban yang berat
c.
di dalam kolam terdapat bantuan dari gaya apung air sehingga mempermudah mengangkat beban
yang berat
d.
di dalam kolam renang terdapat tekanan hidrostatis yang membantu mengangkat beban yang berat
e.
di dalam kolam renang terdapat tekanan yang
membantu mengangkat beban yang berat
12. Perhatikan gambar di bawah ini!
A B
di bawah ini yang merupakan
pernyataan yang benar dari gambar di atas adalah… .
a.
massa jenis air di a lebih berat dibanding massa
jenis telurnya
b.
massa jenis air di b lebih berat dibanding massa
jenis telurnya
c.
massa jenis air di a lebih kecil dibanding massa
jenis telurnya
d.
massa jenis air di b lebih berat dibanding massa
jenis telurnya
e.
massa jenis air di b sama dengan massa jenis telur
13. Tekanan Hidrostatis adalah
a.
gaya yang diberikan pada luasan tertentu
b.
gaya yang menyebabkan perpindahan posisi benda
c.
gaya yang diberikan oleh air ke
semua arah pada titik ukur manapun akibat adanya gaya gravitasi
d.
gaya yang diberikan pada ketinggian tertent
e.
tekanan yang diberikan oleh air ke
semua arah pada titik ukur manapun akibat adanya gaya gravitasi
14. Dibawah ini yang termasuk faktor yang
mempengaruhi tekanan hidrostatis adalah...
a. luas permukaan
b. gaya
c. kedalaman
d. volume
e. Panjang
15. Tekanan Hidrostatis akan semakin besar
apabila
a.
gayanya semakin besar
b.
luas permukaannya semakin kecil
c.
kedalamannya semakin
besar
d. massa
jenisnya semakin kecil
e. massa
jenisnya semakin besar
16. Sebuah bejana
berisi alkohol dengan volume 1 liter dan massa jenisnya 0,8 gr/cm³. Jika luas
alas bejana 50 cm² dan percepatan gravitasi 9,8 m/s². Berapakah besar tekanan
hidrostatik pada dasar bejana. . . . . . . .
a.
0,3 m
b.
0,5 m
c.
0,2 m
d.
0,4 m
e.
0,1 m
17
18
19. Air dan minyak dimasukkan ke dalam
bejana berhubungan dari lubang berbeda. Setelah mencapai kesetimbangan, didapat
gambar disamping. Bila massa jenis air 1 gr/cm3 dan massa jenis
minyak 0,8 gr/cm3, selisih
tinggi permukaan air dan minyak pada bejana adalah ...
a.
1 cm
b.
2 cm
c.
3 cm
d.
4 cm
e.
5 cm
20. Piston besar pada pengangkat hidrolik mempunyai
penampang berbentuk lingkaran yang jari-jarinya 20 cm. Berapakah besar gaya yang
harus diberikan pada piston kecil yang jari-jarinya 2 cm agar dapat mengangkat
mobil yang masanya 1500 kg? (g = 9,8m/s2). . . . . .
a.
147 N
b.
140 N
c.
132 N
d.
150 N
e.
145 N
A.
Kunci Jawban
1.
|
B
|
2.
|
A
|
3.
|
A
|
4.
|
C
|
5.
|
D
|
6.
|
C
|
7.
|
D
|
8.
|
C
|
9.
|
D
|
10.
|
A
|
11.
|
C
|
12.
|
C
|
13.
|
E
|
14.
|
A
|
15.
|
C
|
16.
|
C
|
17.
|
B
|
18.
|
B
|
19.
|
A
|
20.
|
A
|
blognya bagus dan saya beri nilai 80
BalasHapus