IT'S ABOUT KNOWLEDGE

Selamat Mengcopas, Jangan lupa sertakan sumber gan :v agar kita semua bahagia

Rabu, 09 Oktober 2019

Sintaks Pembelajaran Discovery Learning









Kompetensi Dasar :  3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
4.4 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus  dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya serta melakukan
percobaan gerak lurus

Topik  : GLB
Sub Topik : Gerak Lurus dengan kecepatan dan Percepatan  Konstan
Tujuan : 1. Siswa mampu mengidentifikasi besaran-besaran fisika yang terkait dengan gerak melalui tanya jawab dengan benar.
2.      Siswa mampu menjelaskan mengenai karakteristik Gerak Lurus Beraturan (GLB) saat ditayangkan video mengenai fenomena GLB dengan benar.
3.      Siswa mampu mengolah data percobaan GLB sesuai dengan langkah-langkah pada LKS melalui diskusi kelompok.
4.      Siswa mampu menyajikan data percobaan GLB dalam bentuk grafik dengan benar melalui diskusi kelompok.

Alokasi waktu : 1 x TM





Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Fase 1:
Stimulasi
(Pemberian Stimulasi )
             Membagi siswa menjadi berbagai kelompok
              Mengarahkan peserta didik kepada topik permasalahan dengan memutar  video yang telah disediakan
Fase 2 Problem Statement (Penyataan Masalah )
·                     Guru menyajikan pertanyaan seperti  “bagaimana usaha yang dilakukan agar  kecepatan mobil yang berbeda-beda pada waktu tertentu menjadi  konstan ?”
Fase 3 :
Data Collection
(Mengumpulkan data )
·                    Memberikan LKPD  tentang jarak, perpindahan, kelajuan, dan kecepatan lalu menginstruksikan peserta didik untuk mengerjakan LKPD secara berkelompok

Fase 4:
Data Proccesing
( mengolah data )
·                     Guru Membimbing siswa untuk mendiskusikan dan mencatat hasil pengamatannya pada table pengamatan
Fase V:
Verification
(Verifikasi Data )
·                    Membimbing siswa dalam menguji hasil eksperimen
·                    Mendiskusikan dan menguji hasil LKPD kemudian membandingkan dengan sumber / refernsi yang mendukung
Fase VI:
Generalitation(Menarik Kesimpulan )
·                     Membimbing siswa membuat kesimpulan dari hasil LKPD untuk dipresentasikan
·                     Melakukan tanya jawab hasil diskusi mengenai Gerak Lurus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar