Kompetensi Dasar
: 4.7 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan yang
memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
|
Topik : GLB
|
Sub Topik : Gerak
Lurus dengan kecepatan dan Percepatan
Konstan
|
Tujuan : 1. Siswa mampu mengungkapkan masalah dan
menjawab sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam
plastik).
2.
Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab
sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam
plastik).
3.
Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab
sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam
plastik).
|
Alokasi waktu : 1 x TM
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Fase
1:
Penyajian
pertanyaan/permasalahan
|
1. Menyajikan
sebuah masalah tentang produk yang menggunakan penerapan Hukum Pascal (apakah
Kalian pernah melihat orang mengganti ban mobil, Alat apa yang digunakan
untuk mengganti ban yang lepas tersebut?) untuk memancing siswa menemukan
perkiraan variabel pada pelajaran.
2.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-5 orang setiap kelompok.
|
Fase 2 Membuat hipotesis
|
1. Mengarahkan
kepada masing-masing siswa untuk membuat hipotesis tentang Hukum Pascal dari
masalah dasar mengenai Hukum Pascal (meremas air dalam plastik)
|
Fase
3 :
Menguji
hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi
|
1. Menyiapkan
peralatan/perangkat pembelajaran (Lembar Kerja Siswa (LKS), alat dan bahan
percobaan)
2.
Membimbing siswa dalam kelompok untuk menguji
hipotesis dan mengumpulkan data atau informas
|
Fase
4:
Analisis
data
|
1. Membimbing
siswa untuk berdiskusi dan menganalisis data informasi dari hasil percobaan
tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
2.
Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
hasil LKS
|
Fase
V:
Verification
(Verifikasi
Data ) Membuat
kesimpulan
|
1.
Membimbing siswa dalam menguji hasil eksperimen
2.
Mendiskusikan dan menguji hasil LKPD kemudian
membandingkan dengan sumber / refernsi yang mendukung
|
Fase
VI:
Generalitation(Menarik
Kesimpulan )
|
1.
Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan tentang
Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
|
Makasih mba, postingan nya bermanfaat banget.
BalasHapuswqwqwq si jancuk :v iyadeh sama-sama mas
Hapus