IT'S ABOUT KNOWLEDGE

Selamat Mengcopas, Jangan lupa sertakan sumber gan :v agar kita semua bahagia

Rabu, 09 Oktober 2019

Sintaks Pembelajaran Inquiry Learning








Kompetensi Dasar :  4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan  yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan

Topik  : GLB
Sub Topik : Gerak Lurus dengan kecepatan dan Percepatan  Konstan
Tujuan : 1.    Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab sebuah hipotesis masalah tentang   penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
2.      Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
3.      Siswa mampu mengungkapkan masalah dan menjawab sebuah hipotesis masalah tentang penerapan Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik).
Alokasi waktu : 1 x TM



















Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Fase 1:
Penyajian pertanyaan/permasalahan
1.       Menyajikan sebuah masalah tentang produk yang menggunakan penerapan Hukum Pascal (apakah Kalian pernah melihat orang mengganti ban mobil, Alat apa yang digunakan untuk mengganti ban yang lepas tersebut?) untuk memancing siswa menemukan perkiraan variabel pada pelajaran.
2.       Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang setiap kelompok.
Fase 2 Membuat hipotesis
1.       Mengarahkan kepada masing-masing siswa untuk membuat hipotesis tentang Hukum Pascal dari masalah dasar mengenai Hukum Pascal (meremas air dalam plastik)

Fase 3 :
Menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informasi
1.      Menyiapkan peralatan/perangkat pembelajaran (Lembar Kerja Siswa (LKS), alat dan bahan percobaan)
2.       Membimbing siswa dalam kelompok untuk menguji hipotesis dan mengumpulkan data atau informas
Fase 4:
Analisis data
1.      Membimbing siswa untuk berdiskusi dan menganalisis data informasi dari hasil percobaan tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
2.       Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil LKS

Fase V:
Verification
(Verifikasi Data ) Membuat kesimpulan
1.      Membimbing siswa dalam menguji hasil eksperimen
2.      Mendiskusikan dan menguji hasil LKPD kemudian membandingkan dengan sumber / refernsi yang mendukung
Fase VI:
Generalitation(Menarik Kesimpulan )
1.      Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan tentang Hukum Pascal (Meremas air dalam plastik)
  1. Membimbing siswa membuat atau mengaplikasikan hasil percobaan











2 komentar: